Contoh Surat Keterangan Sakit Sekolah dan Kuliah

Contoh Surat Keterangan Sakit sering diperlukan dan di buat ketika sesuatu terjadi kepada kita dan ingin mendapatkan izin dari sekolah atau kuliah karena tidak sanggup hadir karena masalah kesehatan atau sakit.

Dibawah ini kami memberikan beberapa contoh surat keterangan sakit untuk Anda yang sedang memerlukan sampel atau contekan surat khususnya untuk keterangan sakit baik untuk sekolah atau kuliah. Langsung mengecek pada artikel paling bawah untuk melihat contohnya.

Surat izin sakit diperlukan ketika kita tidak enak badan atau sakit sehingga tidak bisa hadir ke sekolah seperti biasanya. Ini sering kali terjadi dan surat diperlukan agar kita tidak dianggap alpa atau bolos.
Contoh Surat Keterangan Sakit Sekolah dan Kuliah
Contoh Surat Keterangan Sakit Sekolah dan Kuliah

Kesalahan penulisan surat keterangan sakit

Beberapa contoh surat yang pernah kami jumpai, ada beberapa kesalahan kecil yang sebetulnya dianggap remeh tapi penting ditambahkan atau diubah pada surat khususnya keterangan tidak bisa hadir karena sakit. Beberapa contoh kesalahan lain yaitu;

1. Kerapian

Karena sekolah adalah tempat menuntut ilmu, kerapian dalam menulis surat dianggap penting agar surat lebih mudah dibaca dan dimengerti oleh yang menerima, baik dosen atau guru sekolah. Kerapian disini karena surat izin sakit biasanya ditulis dengan tangan dan kerapian bisa menjadi tolak ukur yang diperhatikan guru saat surat diterima.

Perhatikan bahwa tidak ada coretan pada surat yang membuat surat tampak rusak dan jelek. Jangan pula menggunakan tip-x untuk menghapus, cukup buat dikertas lain dan ditulis tangan yang rapi.

2. Penggunaan tanda baca

Perhatikan juga tanda baca yang kamu tambahkan di dalam surat keterangan ini. Meskipun hal yang kecil, tapi penggunaan tanda baca yang baik juga berpengaruh pada kerapian seperti pada poin pertama dan surat keterangan ini lebih bagus. Selain itu penggunaan tanda baca juga mempengaruhi arti serta susunan kata, oleh karena itu perhatikan lagi seperti beberapa contoh surat keterangan sakit dibawah ini.

3. Penggunaan Bahasa

Gunakan bahasa yang baik dan sopan karena surat ditujukan ke guru/dosen. Surat keterangan sakit ini tergolong kepada surat resmi sehingga memerlukan pemakaian kata yang lebih sopan dan harus baku serta efektif. Hindari penyingkatan kata atau tulisan yang bertele-tele.

Bagian-bagian surat keterangan sakit

Untuk memudahkan dalam membuat surat izin sakit ini, perhatikan bagian-bagian penting yang harus ada di dalam surat yang akan kami jelaskan berikut ini. Beberapa bagian penting yang harus ada didalam surat keterangan ini yaitu :
  1. Tempat dan tanggal surat
  2. Yang dituju. Bisa menggunakan "Kepada" atau "Yth"
  3. Salam pembuka, sering ditulis dengan salam "Assalamu'alaikum" atau "Dengan hormat" atau keduanya agar surat lebih sopan
  4. Isi pembuka, merupakan pembuka surat berisi kepada yang dituju. Cukup 2-3 kalimat saja ditulis singkat dan jelas.
  5. Isi surat yang berisi tentang pengenalan yang membuat surat serta tujuan surat yang ditulis ini.
  6. Penutup yang berisi terimakasih dan permintaan maaf. Agar lebih sopan ganti kata "nya" dengan "bapak/ibu", contoh "Atas perhatian bapak/ibu kami mengucapkan terimakasih".
  7. Tanda tangan wali murid

Contoh Surat keterangan sakit

Berikut beberapa contoh surat keterangan sakit yang telah kami buat dan anda bisa mencontohnya dan menggantikan hal-hal yang penting seperti nama anak yang sakit dan alamat sekolah/kampus yang dituju.

Medan Petisah, 21 April 2019

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-A
SMA N 1 Medan

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama   : Rocky Gerung
Siswa   : Kelas XI-A. SMA N 1 Medan
Alamat : Jl. Raya Thong  No. 04 Petisah

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Rabu 21 April 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-A agar memberikan izin.

Demikia yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,Orang tua/Wali murid


Gunawan

Contoh lain:
Surat Izin Sakit
Surat Izin Sakit

Surat Keterangan Sakit
Surat Izin Sakit
Demikian beberapa contoh dan referensi surat bisa yang bisa kamu gunakan jika dalam keadaan sakit dan tidak bisa hadir ke kampus/sekolah dan kamu juga bisa melihat contoh surat lamaran menjadi guru. Semoga bermanfaat.

Perlu diperhatikan sebelumnya bahwa untuk mahasiswa kuliah yang ingin membuat surat keterangan kurang sehat atau sakit. Biasanya surat jarang sekali ditulis dengan tangan. Untuk mahasiswa kampus surat diketik dan di print lebih bagus dan lebih cocok. Berbeda dengan anak sekolah. Wassalam.

Lihat juga printer driver terbaru