Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email adalah contoh lamaran kerja yang akan saya bagikan kali ini, khususnya bagi anda yang saat ini sedang mencari rujukan dalam membuat surat lamaran kerja via email. Majunya teknologi zaman sekarang juga mendorong setiap perusahaan melakukan perubahan terkait segala hal yang ada di perusahaan, salah satunya seperti rekrutmen karyawan yang sudah menggunakan metode pengiriman surat lamaran kerja melalui email. Metode seperti ini dianggap dapat menguntungkan kedua belah pihak. Perusahan tidak perlu menyediakan waktu dan tempat untuk proses rekrutmen sedangkan bagi pelamar metode ini tentu akan menghemat biaya dan waktu dikarena tidak perlu mendatangi tempat perekrutan.


Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email


Meskipun metode ini menguntungkan kedua belah pihak, namun karena metode ini masih terbilang baru, sehingga tidak sedikit pelamar yang tidah tahu bagaimana cara yang baik dan benar dalam mengirimkan surat lamaran kerja melalui email. Maka dari itu di halaman ini saya akan memberikan tips bagaimana membuat surat lamaran kerja via email yang baik dan benar.

Sebelum Anda mengirimkan surat lamaran kerja melalui email, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan terlebih dahulu, yaitu :

1. Berkas Lamaran

Berkas lamaran yang dimaksud adalah berkas-berkas yang menjadi persyaratan dalam mengajukan permohonan kerja pada perusahaan. Umumnya berkas tersebut meliputi :
  • Surat lamaran kerja (boleh diketik langsung di email) atau boleh berformat MS. Word yang dan lain-lain yang nantinya diupload.
  • Daftar riwayat hidup atau yang sering disebut curriculum vitae (CV)
  • Ijazah
  • Transkrip nilai
  • Kartu tanda penduduk (KTP)
  • Pas foto
  • Sertifikat
  • Lain-lain yang disyaratkan perusahaan tempat anda melamar
Silahkan scan berkas-berkas tersebut dan usahakan ukuran filenya tidak terlalu besar atau bisa disesuaikan dengan permintaan perusahaan tempat anda melamar. File hasil scan inilah yang nantikan akan kita upload sebagai lampiran dari surat lamaran kerja yang akan kita kirimkan melalui email.


2. Akun Email

Untuk bisa mengirimkan surat lamaran kerja via email, maka sebelumnya anda tentu harus memiliki sebuah email. Email yang akan digunakan adalah email anda pribadi, bukan email milik orang lain.

Dari penjelasan di atas, sedikitnya kita sudah mengetahui apa saja yang perlu kita persiapkan sebelum mengirimkan surat lamaran kerja vie email tersebut. Sedangkan untuk format surat lamaran kerja via email pada dasarnya sama seperti surat lamaran kerja umum lainnya. Namu agar lebih jelaskan, berikut ini telah saya siapkan satu contoh surat lamaran kerja via email untuk anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

To   : makmursentosa@pt.com
Cc        : -
Subject : Staf Administrasi (sesuai permintaan)

Banda Aceh, 21 September 2016

Yth.
Manajer Personalia
PT. Makmur Sentosa
di
Tempat

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi dari harian Serambi Indonesia tertanggal 18 September 2016, bahwa PT Makmur Sentosa sedang membutuhkan tenaga kerja untuk posisi sebagai Staf Administrasi, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                        : Ayu Santika
Alamat                       : Jln. H. T. Ahmad Suardi No. 55 Banda Aceh
Tempat, Tanggal Lahir : Banda Aceh, 11 September 1994
Pendidikan                 : D3 Admistrasi Perkantoran

Bermaksud mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut. Berikut ini juga saya lampirkan beberapa berkas serta data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Ijazah Terakhir & Transkrip Nilai
3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian
5. Surat Keterangan Dokter
6. Surat Pengalaman Kerja
7. Pas Photo 3x4 3 lembar

Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan Bapak/Ibu untuk mengikuti proses seleksi lebih lanjut. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,


(Ayu Santika)

Demikianlah satu contoh surat lamaran kerja via email yang bisa saya sajikan pada kesempatan ini, harapannya semoga bisa membantu anda yang saat ini berencana untuk mengirimkan surat lamaran kerja via email. Jika contoh surat lamaran kerja di atas bermanfaat dan layak dijadikan referensi, silahkan share kepada rekan-rekan kita yang lain melalui tombol share di bawah. Terima kasih telah berkunjung dan semoga email yang anda kirimkan ke perusahaan tempat anda melamar diterima dan mendapatkan respon yang baik dari pihak perusahaan.