Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank BRI

Contoh surat lamaran kerja di bank BRI adalah contoh surat yang akan saya bagikan pada kesempatan ini, terutama bagi anda yang saat ini sedang mencari rujukan dalam membuat lamaran kerja sebagai surat permohonan untuk bekerja di Bank Rakyat Indonesia (BRI). Bagi Anda yang ingin melamar kerja di bank tentunya akan membutuhkan surat lamaran kerja yang dikhususkan untuk melamar pekerjaan di bank. Maka pada kesempatan ini saya akan membagikan informasi berkaitan dengan cara membuat surat lamaran kerja di Bank BRI tersebut berikut dengan contoh-contohnya.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau yang lebih akrab disebut Bank BRI merupakan salah satu bank milik pemerintah terbesar yang ada di Indonesia. Awalnya Bank BRI didirikan di Purwokerto oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja di Jawa Tengah yang merupakan sebuah lembaga keuangan yang melayani orang-orang berkebangsaan Indonesia atau pribumi. Adapun lembaga tersebut berdiri pada tanggal 16 Desember 1895 yang selanjutnya dijadikan sebagai hari kelahiran Bank BRI.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank BRI


Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwasanya setiap perusahaan, lembaga atau instansi tertentu baik swasta maupun negeri tentunya memiliki visi dan misi masing-masing. Dan untuk mencapai visi dan misi tersebut sangatlah tergantung dengan sumber daya manusia (SDM) yang ada di dalamnya. Maka dari itu tidak jarang setiap perusahaan membuka lowongan kerja untuk memenuhi sumber daya manusia tersebut. Begitu juga halnya dengan Bank BRI yang hampir setiap tahun mengadakan rekrutmen pegawai baru untuk berbagai macam posisi. Hal ini tentu disambut baik oleh para pencari kerja dengan berbondong-bondong melamar pekerjaaan di Bank BRI tersebut.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank

Dalam hal melamar pekerjaan, salah satu berkas administrasi yang paling dibutuhkan adalah surat lamaran kerja, diterima tidaknya seseorang pada sebuah perusahaan sangatlah tergantung dengan surat lamaran yang dibuat. Maka dari itu berikut ada beberapa tips cara membuat surat lamaran kerja di bank yang baik dan benar :

1. Gunakanlah bahasa yang baik dan benar yang sesuai EYD. Hindari penggunaan bahasa gaul yang susah dimengerti secara umum.

2. Buatlah surat lamaran kerja dengan susunan kata-kata dan kalimat yang sopan dan tidak terkesan menyombongkan diri.

3. Sebagian perusahaan mensyaratkan surat lamaran kerja tulis tangan (manual). Maka Anda harus memperhatikan kerapian dari surat lamaran kerja tersebut, jangan samapai terlihat kotor, jika ada yang salah, jangan dihapus, namun ditulis ulang dari awal.

4. Siapkan berkas-berkas pendukung sebagai lampiran dari surat lamaran kerja Anda. Sesuaikan dengan yang diminta oleh perusahaan bersangkutan.

5. Lampirkan juga sertifikat-sertifikat pendukung lainnya yang sesuai dengan bidang yang Anda lamar. Hal ini juga akan membantu perusahaan untuk mempertimbangkan Anda.

Poin-poin di atas harus anda terapkan saat menyusun surat lamaran, karena kelima poin di atas akan sangat berpengaruh pada diterima tidaknya anda pada perusahaan yang anda lamar tersebut. Sedangkan mengenai susunan dari surat lamaran kerja di Bank BRI adalah sebagai berikut :

1. Tempat dan tanggal surat
2. Orang atau Perusahaan yang dituju (dalam hal ini HRD Bank BRI)
3. Isi yang meliputi :
    - Biodata Pribadi
    - Permohonan di Bank BRI pada bagian tertentu
    - Nama berkas yang dilampirkan
4. Kata-kata penutup
5. Tanda tangan pemohon

Dari uraian di atas sedikitnya anda sudah mempunyai gambaran bagaimana cara membuat surat lamaran kerja di Bank BRI yang baik dan benar. Namun agar lebih jelasnya, berikut ini telah saya siapkan satu contoh surat lamaran kerja di Bank Rakyat Indonesia.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank BRI

Banda Aceh, 02 September 2016

Yth. Manager HRD
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)
Cabang Banda Aceh

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                         : Angga Pratama, SE
Tempat, Tanggal Lahir : Banda Aceh, 20 September 1994
Umur                          : 21 tahun
Pendidikan Terakhir     : S1 Ekonomi Akutansi
No. Telepon                : 0852 6768 4546
Alamat Rumah            : Jln. T. Ahlan Sadikin No. 35 Banda Aceh

Bermaksud untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak pimpin untuk menempati posisi sebagai Teller. Surat lamaran ini saya sampaikan berdasarkan informasi yang saya peroleh di Internet terkait adanya Penerimaan Karyawan Baru PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Banda Aceh. Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa berkas administratif:

1. Curriculum Vitae (CV)
3. Fotocopy Ijazah Terakhir (legalisir)
4. Fotocopy Transkrip Nilai (legalisir)
2. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
5. Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
6. Fotocopy Surat Keterangan Dokter
7. Pas Photo 4X6 (3 lembar)

Demikian surat permohonan ini saya buat, segala hak atas keputusan berada di tangan Bapak Manager HRD dan para pimpinan yang lain, saya sangat berharap dapat diikutsertakan dalam tahapan proses seleksi berikutnya. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,


Angga Pratama

NB: Nama, alamat dan lain-lain yang tercantum di dalam surat hanyalah sebagai contoh, silahkan diubah dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Itulah sebuah contoh surat lamaran kerja di Bank BRI baik dan benar yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini. Ternyata sangatlah mudah membuat surat lamaran kerja di Bank, bahkan bagi Anda yang sama sekali belum pernah membuatnya dapat membuatnya dengan segera hanya dengan sedikit mencari referensi di internet. Jika contoh di atas berguna dan layak untuk dibaca, silahkan share kepada teman-teman kita yang lain melalui tombol share di bawah. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda diterima di Bank BRI.