Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja – Bagi fresh graduation atau orang-orang yang baru lulus dari sekolah atau Universitas tinggi dan mendapat gelar sarjana, mungkin sebagian diantara mereka ingin segera melamar pekerjaan di suatu perusahaan dan mendapatkan penghasilan setiap bulannya, tentu bagi fresh graduation atau para pekerja yang belum memilki pengalaman kerja, mengirim surat lamaran kerja dan CV ke suatu perusahaan merupakan saat-saat yang mendebarkan, mereka sering kali was was danharap-harap cemas apakah surat lamaran kerja mereka diterima atau ditolak oleh perusahaan tersebut, hal ini wajar dan mungkin hampir semua orang pernah mengalaminya.


Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar


Namun sebelum anda ditolak dari perusahan ditempat anda melamar kerja, sebaiknya anda sebagai fresh graduation yang belum memiliki pekerjaan dan belum pernah bekerja, mungkin akan lebih baik jika anda mengetahui beberapa point penting yang membuat pemberi kerja seringkali menolak lamaran anda. Dengan mengetahui penyebab-penyebab surat lamaran kerja ditolak maka anda bisa membuatnya leih baik,nah berikut ulasan saya mengenai tips-tips Cara Buat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar.

1. Buat Surat Lamaran Kerja Sesuai Standar Perusahaan yang Anda Lamar

Tips Cara Buat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar yang pertama ialah dengan membuat surat lamaran kerja Sesuai Standart Perusahaan Yang Anda Lamar, hal ini sangatlah penting sebab dengan menulis resume lamaran kerja yang mengikuti apa yang diinginkan oleh perusahaan, maka besar kemungkinan anda akan diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Saya sarankan jangan pernah membuat surat lamaran kerja Sesuai dengan apa yang Anda inginkan, jika anda tidak ingin surat lamaran kerja anda berakhir di kotak sampah, adapun cara membuat surat lamaran kerja Sesuai Standart Perusahaan Yang Anda Lamar ialah dengan menulis surat lamaran sesuai dengan persyaratan kerja yang diminta oleh perusahaan tersebut. Jika anda memiliki format surat lamaran kerja siap kirim ke setiap perusahaan, sebaiknya atur ulang, informasi dasar bisa dibuat sama dengan kriteria perusahaan terkait.

2. Hindari Menulis Surat Lamaran Kerja yang Sama dengan Isi CV

Membuat surat lamaran kerja yang profesional tentu merupakan suatu keharusan yang harus diperhatikan oleh setiap pelamar kerja, sebab jika surat lamaran kerja anda tidak profesional maka besar kemungkinan surat lamaran anda ditolak. Namun sayangnya, berdasarkan keterangan dari beberapa sumber menyatakan bahwa banyak calon pekerja yang membuat surat lamaran kerja tidak profesional dan mereka kerap kali membuat isi lamaran kerja hampir sama dengan isi surat pada CV (curiculum vitae), Hal ini tentu akan membuat staf HRD atau bagian personalia malas membaca apalagi mempertimbangkan surat lamaran pekerjaan yang Anda buat, nah oleh sebab itu saat anda membuat surat lamaran kerja, sebaiknya Hindari menulis Surat lamaran Kerja yang sama dengan isi CV.

3. Sempurnakan Paragraf Pertama dan Terakhir Pada Surat Lamaran Kerja anda

Mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa paragraf pertama dalam surat lamaran kerja merupakan point penting yang membuat surat lamaran kerja anda dibaca oleh bagian Personalia atau tidak, nah oleh sebab itu saat membuat surat lamaran kerja sebaiknya hindari pembuatan Paragraf pertama yang berbelit-belit dan menjemukan, sebab jika anda melakukan hal tersebut, jangan heran jika surat lamaran pekerjaan yang Anda kirim tidak diprioritaskan oleh bagian HRD, bisa jadi justru dibuang di kotak sampah. Nah oleh sebab itu saat anda membuat surat lamaran kerja sebaiknya tulislah dengan paragraf yang singkat dan jelas.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Tidak hanya paragraf pertama, ternyata paragraf kedua juga merupakan faktor penting yang membuat surat lamaran kerja anda diterima atau tidak, anda perlu tahu bahwa Mengakhiri surat lamaran dengan kata-kata yang mengambang dan tidak jelas dapat membuat bagian HRD malas mempertimbangkan kualifikasi surat lamaran kerja Anda. Nah oleh sebab itu saat anda membuat surat lamaran kerja sebaiknya perhatikan kata-kata di paragraf pertama dan juga paragraf kedua, sebab kedua point tersebut yang menentukan apakah anda diterima atau tidak.

4. Buatlah CV yang Sederhana dan Jelas

Tips Cara Buat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar yang selanjutnya ialah dengan membuat CV yang sederhana saja dan tidak terlalu banyak basa-basi namun CV anda juga harus terlihat jelas, Hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan, pasalnya kebanyakan personalian atau HRD tidak punya banyak waktu untuk membaca CV. Jadi kalau Anda membuat CV secara jelas, ringkas dan sederhana itu akan memudahkan bagian penerima kerja sekaligus menguntungkan Anda karena mereka bisa mendapatkan gambaran diri Anda secara lebih lengkap. Nah oleh sebab itu saat membuat CV usahakan untuk membuat CV yang sederhana namun jelas dan ringkas.

5. Perhatikan Format Penulisan pada Surat Lamaran Kerja dan CV

Point penting yang wajib anda perhatikan saat membuat surat lamaran kerja selain dengan membuat surat lamaran sesuai dengan kriteria perusahaan, adalah dengan memperhatikan format penulisan pada surat lamaran kerja atau CV anda, anda harus tau bahwa Penulisan CV dan surat lamaran kerja yang rapi dan mudah dibaca dapat membuat surat lamaran kerja anda layak untuk dipertimbangkan, nah oleh sebab itu saat membuat surat lamaran kerja sebaiknya perhatikan format penulisan pada surat lamaran kerja anda, Tulislah surat lamaran kerja yang mudah dibaca menggunakan huruf dan ukuran huruf yang proporsional.

Jika anda membuat surat lamaran kerja di komputer dengan ms word, gunakan Font huruf standar yang digunakan dalam pembuatan CV dan juga surat lamaran kerja seperti Times New Roman dan Arial, adapun untuk ukuran hurufnya pilihlah ukuran huruf 12 atau 13 mm.

6. Berikan Informasi yang Lengkap Pada CV anda

Membuat CV yang ringkas dan jelas merupakan suatu keharusan, namun apa gunanya jika CV yang anda buat tidak memiliki informasi yang lengkap, alih-alih membuat CV yang ringkas anda malah membuat kesalahan dengan meninggalkan beberapa informasi yang penting, nah oleh sebab itu saat anda membuat CV sebaiknya sertakan informasi lengkap tentang diri Anda mulai dari keahlian yang dimiliki, pengalaman, deskripsi tentang diri Anda, hingga referensi orang yang dipercaya. Namun buatlah beberapa informasi tersebut menjadi ringkas jelas dan padat, selain itu juga Tulislah informasi yang jujur dan akurat agar perusahaan percaya pada CV yang Anda buat.
7. Hindari Surat Lamaran Kerja dan CV Berwarna-warni

Tips cara membuat surat lamaran kerja yang selanjutnya ialah dengan menghindari surat lamaran kerja yang berwarna-warni, tahukah anda bahwa membuat surat lamaran kerja dengan menggunakan kertas berwarna-warni merupakan hal yang konyol yang membuat surat lamaran kerja anda dibuang ke tempat sampah, hal ini penting untuk diingat jika anda ingin bekerja secara profesional, sebab membuat CV atau surat lamaran kerja dengan kertas berwarna-warni dapat membuat surat lamaran anda terlihat berlebihan cenderung dan memberikan kesan tidak formal serta kurang cocok pada perusahaan yang Anda lamar, bahkan lebih dari itu dengan membuat surat lamaran kerja berwarna-warni maka secara tidak langsung dapat citra Anda dimata perusahaan di tempat pemberi kerja.

8. Sertakan Prestasi yang Relevan

Jika anda memiliki prestasi yan bagus dan patut dibanggakan mungkin tidak ada salahnya jika anda menulis prestasi-prestasi Anda yang pernah diraih ke dalam CV yang anda buat. Namun yang perlu diingat, cantumkanlah prestasi yang relevan dengan pekerjaan yang dituju dan jangan pernah membuat prestasi yang bohong, sebab hal itu dapat membuat anda ditolak dari perusahaan yang anda lamar, namun jika anda menulis prestasi yang relevan dengan profesi kerja anda maka secara otomatis hal tersebut akan menjadi nilai tambah yang baik untuk perusahaan saat melihat CV Anda.

9. Patuhi Persyaratan dari Perekrut

Mungkin bukan hal yang aneh jika Setiap perekrut atau perusahaan yang anda lamar pasti memiliki persyaratan tersendiri dalam mencari pelamar kerja. Nah jika perusahaan yang anda lamara memiliki beberapa persyaratan mungkin akan lebih baik jika anda mematuhi persyaratan tersebut, sebab CV yang telah sesuai format dengan kriteria perusahaan biasanya akan menjadi pertimbangan perusahaan dalam memilih Anda sebagai kandidat potensial dan layak bekerja di perusahaan tersebut.

10. Terlalu Mengikuti Contoh atau Copy Paste

Tahukah anda bawa membuat surat lamaran kerja atau CV yang terlalu template atau copy paste dari surat lamaran kerja miliki orang lain dapat membuat surat lamaran kerja anda malah ditolak dan dibuang ke tempat sampah. Seperti yang kita ketahui bersama Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar saat ini bisa didownload di banyak situs-situs di Internet. Terkadang saking banyaknya surat lamaran kerja yang dibuat kita lupa untuk mengganti tulisan sehingga masih sama dengan yang dikopi dari contoh surat lamaran kerja tersebut. Hal Ini justru bisa mengganggu dan mengesankan bahwa kamu kurang kreatif dan berpikir dalam membuat surat lamaran kerja. Nah oleh sebab itu saat anda membuat surat lamaran kerja sebaiknya hindari membuat surat lamaran kerja dari hasil copy paste.

11. Jangan Buat Resume Lamaran Kerja yang Bohong

Tips cara membuat surat lamaran kerja yang selanjutnya ialah jangan pernah membuat surat lamaran kerja atau resume kerja yang sifatnya bohong jika anda tidak ingin surat lamaran kerja anda di buang ke tempat sampah, sebab resume kerja yang bohong umumnya dapat dengan cepat diketahui oleh bagian HRD baik itu dengan berbohong mengenai prestasi anda atau lulusan sekolah anda, nah oleh sebab itu jangan pernah mencoba berbohong. Karena nantinya bisa merugikan diri kamu sendiri. Mungkin kamu adalah orang baik tapi tetap saja kamu mencoba membohongi status saat melamar kerja ke perushaan tersebut, hasilnya pasti anda ditolak bekerja di peruashaan tersebut.

12. Jangan Buat Surat Lamaran Kerja Secara Berlebihan

Saat anda membuat surat lamaran kerja penting diingat jangan pernah anda menambahkan beberapa latar belakang di tulisan lamaran kerja anda seperti karakter kartun atau gambar anak kucing yang menggemaskan, sebab hal tersebut bisa menyebabkan resume kerja kamu hanya disobek atau terbuang di tempat sampah. Sebab dengan dengan memasukkan gambar-gambar yang tidak penting, yang mungkin menurut kamu lucu, dapat membuat perekrut kerja merasa terhina dengan surat lamaran kerja, selain itu juga hal tersebut justru menunjukkan sikap yang kekanak-kanakan bukan seperti pekerja profesional. Nah oleh sebab itu saat anda membuat surat lamaran kerja sebaiknya hindari membuat surat lamaran kerja secara berlebihan.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

13. Buatlah Email Anda Terlihat Profesional

Saat anda membuat lamaran kerja dan mengirimkan surat lamaran kerja tersebut Via Email di Internet sebaiknya buatlah nama email yang valid, baku dan terlihat profesional, Jika memungkinkan buatlah nama email yang digabung dari nama lengkap anda. Sebab menurut beberapa keterangan dari para pelamar kerja, email yang tidak profesioanal dapat membuat para pelamar kerja ditolak dari perusahaan terkait, nah oleh sebab itu jika anda mengirimkan surat lamaran kerja tersebut Via Email di Internet sebaiknya buatlah nama email yang profesional dan sesuai dengan nama lengkap anda.

13. Buatlah Rencana Kerja Lain Jika anda Ditolak dari Perusahaan

Memiliki rencana cadangan merupakan prinsip orang sukses yang perlu anda ketahui, nah saat anda sudah membuat surat lamaran kerja namun anda ditolak dari perusahaan terkait, sebaiknya jangan pernah mengurung diri dan menyesali nasib, namun waktu khusus untuk mencari pekerjaan baru, kemudian jadikan waktu tersebut sebagai bagian dari kegiatan sehari-hari. Dengan cara ini maka anda pasti akan memperoleh pekerjaan yang anda inginkan dibandingkan harus murung saat ditolak kerja.

15. Hindari Sesalahan Tata Bahasa

Tips cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang selanjutnya adalah dengan menghindari kesalahan tata bahasa pada CV atau surat lamaran kerja anda, pasalnya Kemampuan berbahasa yang baik umumnya sangat mencerminkan keteraturan cara berfikir dan logika seseorang kandidat saat melamar pekerjaan. Nah oleh sebab itu saat anda membuat Surat Lamaran Kerja dan juga CV. Ada baiknya Sebisa mungkin hindari kesalahan huruf apalagi tata bahasa dalam surat lamaran kerja anda. Sebab jika anda membuat surat lamaran yang dipenuhi dengan kesalahan eja dan tata bahasa yang tidak jelas, maka bagian Human Resource Development (HRD) akan kesulitan dalam membaca surat lamaran kerja anda dan dapat membuat surat lamaran anda ditolak dari perusahaan tersebut.

16. Jangan Lupa Cantumkan Nomor Kontak

Tips cara membuatsurat lamaran kerja yang terakhir ialah dengan jangan lupa mencantumkan nomor kotrak pribadi anda, sebab Sebagus apapun surat lamaran kerja yang anda buat dan sebanyak apapun prestasi serta pengalaman kerja yang terdapat pada CV dan surat lamaran kerja anda namun jika anda tidak mencamtumkan nomor kontak pribadi anda maka hal tersebut akan sia-sisa.

Sebab bagian Human Resource Development (HRD) akan kesulitan dalam menghubungi anda jika nomor kontak anda tidak tertera di lembar lamaran kerja atau CV yang anda buat, nah Untuk menghindari hal ini, mungkin akan lebih baik jika anda periksa ulang nomor kontak pribadi anda yang Anda cantumkan sebelum mengirim surat lamaran kerja dan CV tersebut ke Perusahaan yang anda lamar.

Mungkin hanya itu penjelasan saya mengenai Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar, semoga dengan tips-tips yang saya sampaikan diatas dapat membantu dalam menambah pemahaman para pembaca sekalian, semoga bermanfaat dan semoga sukses.

Subscribe to receive free email updates: