Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik dan Benar Terbaru 2016

Contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar terbaru 2016 merupakan contoh surat yang bakal saya berikan pada peluang ini. Jadi bagi kamu yang membutuhkan referensi dalam membuat surat lamaran kerja untuk melamar sebuah pekerjaan. tentu sebagai awal mencari pekerjaan pada sebuah perusahaan yang menyediakan lowongan kerja, biasanya dimulai dengan cara membuat surat lamaran kerja. Surat tersebut bisa anda gunakan untuk melamar pada perusahaan umum, swasta, Bank, CPNS atau bahkan seorang perawat pun tetap juga memerlukan sebuah surat lamaran kerja.

Terbukti tidaklah susah untuk membikinnya namun bakal membutuhkan waktu untuk menyusun rangkaian kalimat jadi membentuk sebuah surat lamaran kerja yang baik dan benar sebab faktor ini bakal memberikan kesan pertama yang baik dan meningkatkan peluang untuk diterima menjadi salah satu karyawan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik dan Benar Terbaru 2016


Kesan pertama dari sebuah surat lamaran kerja pasti bakal sangat menentukan langkah selanjutnya dari faktor melamar kerja anda, bayangkan saja apabila surat lamaran yang kamu buat tidaklah baik, kalimatnya tak rapi, bertele-tele dan juga tak lebih luar biasa, saya kira pihak HRD perusahaan bakal langsung melalui surat lamaran kerja kamu tanpa membacanya apalagi mempertimbangkan lamaran anda. Faktor semacam inilah yang wajib kami hindarkan bukan?

Untuk itulah saya bakal memberbagi trik terhadap kamu cara membikin surat lamaran kerja dan dan disertai dengan contoh surat lamaran kerja untuk bisa kamu tiru jadi bisa kamu pergunakan untuk melamar kerja secepatnya.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Sebuah surat lamaran kerja tak dan merta asal membikinnya namun wajib memperhatikan format, maupun tata cara pemakaian bahasa beserta kesiapan surat pendukung lainnya supaya menjadi lebih lancar, maka dari itu sebelum membikin surat lamaran kerja tersebut butuhlah mempersiapkan dan memperhatikan trik semacam di bawah ini :

1. Gunakanlah bahasa yang baik dan benar

Dalam membuat surat lamaran kerja, susunlah kalimat - kalimat dengan baik dan benar jangan memakai bahasa gaul yang tak patut dicantumkan dalam surat.

2. Gunakanlah kalimat yang sopan

Susunlah kalimat menggunakan kata-kata yang sopan, dan jangan memakai kalimat yang terlihat menyombongkan diri anda.

3. Tulislah secara manual dan rapi

Sampai sekarang tetap tak sedikit perusahaan yang lebih suka surat lamaran kerja tulis tangan atau secara manual memakai ballpoint, sebab bakal mudah dalam menilai kepribadian seseorang hanya dilihat dari hasil tulisan tangannya sendiri. Dan upayakan supaya tak ada corat coret yang membuat kotor surat lamaran anda.

4. Lengkapi persyaratan yang ditentukan perusahaan

Silahkan lengkapi surat-surat yang diperlukan atau yang disyaratkan dari perusahaan tempat anda melamar.

5. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya

Apabila ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk meningkatkankan kriteria performa anda, jadi pihak HRD lebih mempertimbangkan anda.


Sebetulnya inti dari sebuah surat lamaran kerja terbagi atas 3 tahap, yaitu  :

1.  Tahap Pembuka

Dibagian ini terdiri atas sumber info lowongan pekerjaan yang diperoleh si pelamar, Tahap lowongan kerja yang ingin ditempati (diharapkan si pelamar).

2. Isi atau Uraian

Dibagian ini membahas bahwa si pelamar kerja telah memenuhi persyaratan yang diharapkan perusahaan, tidak hanya itu memberbagi info biodata mengenai usia, tempat tinggal, tempat tinggal dan keterampilan yang dimilikinya untuk menunjang posisi yang diharapkan.

3. Penutup

Bagian ini berisi andalan dari si pelamar kerja mengenai proses selanjutnya dengan disertai pula ucapan terimakasih.


Sebuah surat lamaran kerja sebetulnya tidaklah membutuhkan waktu yang lama dalam membuatnya. Tapi Kamu harus membuat dengan baik dan benar yang mengikuti kaidah serta tata cara penulisan yang sesuai yang telah dijelaskan di atas. Oleh sebab itu supaya lebih mudah membikinnya, Kamu butuh memperhatikan contoh surat lamaran kerja yang ada di bawah ini dan perbuat latihan terlebih dahulu sampai sukses menulisnya dengan baik dan benar.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Bpk Personalia
PT. Usaha Mandiri
Jln. Melati No. 77
Jakarta

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Usaha Mandiri yang saya dapatkan dari harian Serambi Indonesia pada tanggal 5 September 2016. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung bersama perusahaan yang Bapak pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah untuk bagian Administrasi dengan kode (ADM) di perusahaan PT Usaha Mandiri.

Berikut ini adalah data singkat Saya :

Nama                     : Adi Sucipto
Tempat / tgl. lahir     : Jakarta, 10 Maret 1994
Pendidikan Terakhir : S1 Administrasi
Alamat                    : Jln. Kuronco barat No. 35 Jakarta Selatan
Telepon (HP)           : 0812 6476 4534
Status                    : Lajang

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan mampu berbahasa Inggris secara fasih. Saya selalu mengutamakan Kejujuran dan latar belakang pendidikan saya juga sangat memuaskan, saya juga mampu mengoperasikan komputer, baik itu MS. Office Word, Excell, Access Lotus Spreedsheet dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Fotocopy Ijazah S1.
3. Fotocopy Transkrip Nilai.
4. Fotocopy Sertifikat Kursus dan Pelatihan.
5. Pas Foto 3x4 Terbaru 3 Lembar.

Kesempatan wawancara dari Bapak Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan yang saya miliki dan dapat saya berikan untuk perusahaan yang Bapak pimpin.


Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak, Saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Adi Sucipto

Demikian contoh surat lamaran kerja umum baik dan benar terbaru 2016 yang dapat saya bagikan untuk anda kali ini. Saya harapkan postingan ini dapat memberikan kegunaaan khususnya bagi saudara yang sedang membuat surat lamaran kerja. Silahkan like dan share juga ke teman-teman lain melalui tombol di bawah. Akhir kata, semoga anda segera memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kualifikasi anda. Terima kasih sudah berkunjung.