Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS adalah contoh lamaran pekerjaan terbaru yang akan saya bagikan kali ini untuk anda semua, khususnya bagi anda yang berencana untuk melamar menjadi abdi negara. Namun sebelum itu, saya ingatkan lagi bahwa pada postingan saya sebelumnya sudah memberikan contoh surat lamaran kerja di pabrik Garment. Apabila anda membutuhkan bisa langsung menuju ke postingan tersebut. Namun jika yang anda cari adalah informasi cara membuat surat lamaran kerja CPNS, maka anda sudah benar berada di halaman ini, karena disini admin akan membagikan tips membuat surat lamaran pekerjaan CPNS berikut dengan contohnya.




Lowongan kerja calon pegawai negeri sipil pada tahun 2016 ini kabarnya telah dibuka kembali, nah oleh sebab itu bagi anda fresh graduation atau job seeker yang ingin menjadi abdi negara maka tidak ada salahnya jika anda melamar pekerjaan sebagai CPNS,  pada saat lowongan kerja CPNS dibuka pada tahun 2016 ini ada banyak sekali lowongan pekerjaan yang tersedia di beberapa perusahaan dalam negeri seperti Bank BRI, Kementerian Luar Negeri,  Lapan,  BIN dan masih banyak lagi perusahaan yang membutuhkan cpns untuk bekerja di perusahaan mereka.

Bagi anda yang ingin melamar kerja di CPNS maka membuat surat lamaran tentu tidak boleh asal buat saja, sebab ada beberapa struktur yang harus anda ketahui juga saat anda menulis surat lamaran kerja sebagai CPNS. Selain itu juga Resume atau CV yang anda buat haruslah proffesional, hal ini sangat penting sekali dilakukan sebab bagian HRD di bagian CPNS sangat selektif dalam menyaring tenaga kerja baru, nah berikut beberapa poin-poin penting yang harus ada saat anda membuat resume atau surat lamaran kerja CPNS.

Labeli Amplop Surat dengan tulisan ‘surat lamaran pekerjaan’

Kesalahan klasik yang sering dilakukan oleh job seeker dan fresh graduation CPNS ialah sering kali lupa untuk menuliskan surat lamaran pekerjaan CPNS di luar amplop mereka, hal ini sangatlah penting mengingat pekerjaan HRD saat pembukaan lowongan kerja sangatlah sibuk, tentu dengan menuliskan surat lamaran pekerjaan di amplop surat, bagian HRD akan mengerti jika surat tersebut merupakan bagian dari resume calon pelamar dan mereka akan menyimpanya di file lamaran kerja.

Sertakan Tanggal, Bulan dan Tahun Surat Lamaran kerja CPNS yang dibuat

Selain menulis detail pada label amplop, kesalahan klasik yang seringkali dialami oleh pelamar pekerjaan CPNS adalah lupa menyertakan tanggal, bulan dan tahun surat lamaran dibuat, seharusnya tanggal pembuatan surat sangat penting mengingat sudah berapa lama surat itu dibuat, jika anda lupa menyertakan tanggal, bulan dan tahun, maka bukan mustahil surat lamaran kerja CPNS anda akan dibuang.

Sertakan informasi Biodata Lengkap anda pada CV bukan pada surat lamaran.

Sudah seharusnya fungsi berkas CV (Curiculum vitae) lebih mengacu pada detail biodata lengkap anda, namun ada beberapa pelamar kerja CPNS malah menyertakan biodata lengkap mereka di bagian surat, hal ini tentu tak lazim mengingat akan ada file ganda yang terdapat dalam surat lamaran kerja CPNS tersebut, nah lain kali saat anda ingin menyertakan informasi biodata lengkap anda sebaiknya tuliskan di CV bukan pada surat lamaran.

Sertakan Pengalaman Kerja Sesuai dengan posisi Jabatan Yang Anda Incar

Memiliki pengalaman kerja yang sangat banyak memang bagus dan dapat menjadi pertimbangan bagian HRD untuk menerima resume CPNS anda, namun sebaiknya hindari menulis pengalaman pekerjaan yang tidak sesuai dengan posisi jabatan yang anda incar, sebab jika anda menuliskan pengalaman pekerjaan yang tidak sesuai dengan jabatan yang anda incar malah akan meninggalkan celah di surat lamaran kerja Anda.

Sertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Jika Anda mendapatkan pekerjaan sebagai CPNS di sebuah perusahaan negeri, umumnya perusahaan tersebut besar kemungkinan akan melakukan pencarian dari catatan kriminal Anda.  Baik dari kepolisian ataupun dari lurah setempat, oleh sebab itu untuk memastkan anda bersih dari tindakan kriminal sebaiknya sertakan juga Surat Keterangan Catatan Kepolisian.

Dari penjelasan di atas saya yakin anda sudah mengetahui bagaimana format surat lamaran kerja CPNS bukan? namun untuk lebih jelasanya silahkan lihat contoh lamaran pekerjaan CPNS di bawah ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS PEMDA

Lampiran : 1 (satu berkas)
Perihal     : Lamaran Kerja CPNS di Lingkungan Pemerintah Daerah Aceh

Kepada Yth.
Bapak Gubernur Daerah Istimewa Aceh

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama                       : Muzammil
Tempat,tanggal lahir  : Banda Aceh, 10 Desember 1992
Pendidikan / Jurusan : S1 Ekonomi/ Ekonomi Manajemen
Alamat                     : Jln. Dipenogoro No. 45 Banda Aceh
Nomor telepon          : 0852 6756 9876

Dengan ini mengajukan permohonan kerja kepada Bapak, dengan harapan dapat diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Daerah Aceh pada jabatan __________*) kode jabatan __________*). Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya sampaikan berkas lamaran dengan lampiran sebagai berikut:

1. Fotokopi Ijazah yang sudah dilegalisir;
2. Fotokopi Transkrip Nilai yang sudah dilegalisir;
3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku;
4. Fotokopi Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning/AK.1);
5. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
6. Asli Surat Keterangan Sehat dari Dokter yang masih berlaku;
7. Pas foto terbaru ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar;
8. Surat Pernyataan bermaterai Rp. 6.000 yang sudah diisi;

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


(Muzammil)

Mungkin hanya itu tips cara membuat surat lamaran kerja cpns berikut dengan Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS, semoga dengan uraian saya diatas berguna bagi pembaca sekalian. Dan jika contoh lamaran pekerjaan CPNS di atas dirasa perlu untuk dibagikan kepada orang lain, silahkan share melalui tombol di bawah. Dan jika diperlukan, silahkan baca juga contoh surat lamaran kerja online, barangkali juga berguna untuk anda. Terima kasih sudah berkunjung dan salam sukses dari www.suratlamaran123.com.