Contoh Surat Lamaran Kerja Magang/PKL

Contoh Surat Lamaran Kerja Magang/PKL adalah contoh lamaran pekerjaan terbaru yang akan admin bagikan pada kesempatan ini untuk anda yang ingin mengikuti Magang di sebuah perusahaan. Namun saya ingatkan terlebih dulu bahwa pada postingan sebelumnya saya sudah share contoh surat lamaran kerja sebagai Dosen. Apabila anda membutuhkan informasi untuk menulis surat lamaran pekerjaan Dosen tersebut, silahkan langsung masuk ke postingan tersebut. Namun jika anda sedang mencari referensi contoh membuat surat permohonan Magang kerja dari Campus. Mari ikuti terus halaman ini sampai selesai, karena disini saya akan membagikankan tips cara membuat surat lamaran pekerjaan Magang/PKL berikut dengan contohnya.


Contoh Surat Lamaran Kerja Magang


Menjelang semester akhir biasanya banyak mahasiswa yang melakukan pekerjaan magang di sebuah perusahaan besar guna menyelesaikan pendidikan mereka di bangku sekolahan, selain itu juga kerja magang ini memang difungsikan untuk mahasiswa semester akhir untuk menerapkan ilmu yang mereka peroleh di Bangku kuliahan, biasanya Kerja magang yang diberikan mahasiswa bersifat kooperatif antara perusahaan dan lembaga pendidikan tersebut, nah oleh sebab itu maka tak heran jika kerja magang ini biasanya tidak digaji.

Namun meskipun bersifat kooperatif, ketika anda melamar pekerjaan magang di sebuah perusahaan besar, tentu anda membutuhkan surat lamaran kerja dan juga CV berbentuk dokumen, hal ini memang diperlukan oleh mahasiswa guna membantu mereka bersaing di dunia kerja, nah jika anda merupakan mahasiswa tingkat akhir dan ingin kerja magang di perusahaan, berikut contoh dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Magang yang wajib anda buat.

Buatlah Surat Lamaran Kerja Yang Professional

Langkah pertama dalam membuat surat lamaran kerja magang ialah dengan membuat surat lamaran kerja yang profesional, hal ini sangat penting mengingat meskipun anda merupakan mahasisw baru yang baru pertama kali bekerja, sebab dengan membuat surat lamaran kerja yang proffesional bisa menjadi peluang anda agar diterima di perusahaan tersebut jika nanti anda lulus pasca sarjana nantinya.

Berikan Informasi Tambahan

Jika anda pernah bekerja magang sebelumnya atau pernah menjadi sukarelawan di Organisasi tertentu mungkin tidak ada salahnya jika anda memberikan informasi tambahan ke surat lamaran kerja yang anda buat, hal ini juga cukup penting mengingat dengan memberikan informasi tambahan kepada perusahaan di tempat anda bekerja magang maka surat lamaran kerja dan CV anda jadi lebih berkualitas dan kemungkinan untuk diterima bekerja magang jadi lebih besar, nah jika ada jangan sungkan berikan informasi tambahan yang anda miliki.

Periksa Kesalahan eja dan Penulisan

Cara membuat surat lamaran kerja magang yang selanjutnya ialah dengan memeriksa kesalahan eja dan kesalahan penulisan yang anda buat, sebab umumnya perusahaan yang menerima anda sebagai karyawan magang sangat mementingkan ketelitian pada surat lamaran kerja yang telah anda buat, nah oleh sebab itu saat anda membuat surat lamaran kerja sebaiknya berikan waktu 3 atau 4 menit untuk memeriksa kembali perihal kesalahan eja dan kesalahan penulisan surat lamaran kerja yang telah anda buat.

Berikan nama yang mudah dikenali

Langkah kedua dalam membuat surat lamaran kerja magang ialah dengan memberikan nama yang mudah dikenali di Amplop surat anda, selain itu juga buatlah nama email yang simple dan ringkas di surat lamaran kerja dan CV anda, hal ini merupakan faktor utama sebab nama dan email yang mudah dikenali dapat memudahkan anda diterima kerja magang di perusahaan tersebut.

Tunjukan Keahliaan Anda

Langkah membuat surat lamaran kerja yang terakhir ialah dengan menunjukan keahliaan anda, tidak dapat dipungkiri bahwa tujuan utama mahasiswa bekerja magang ialah untuk mengaplikasikan ilmu yan mereka peroleh dari pendidikan, dan tahukah anda? Bahwa umumnya perusahaan-perusahaan bonafit akan melihat cara kerja anda selama magang, jika kerja anda terbukti baik dan professional maka besar kemungkinan anda akan direkrut untuk bekerja di perusahaan tersebut, nah oleh sebab itu jangan pernah sungkan untuk menunjukan keahliaan anda di perusahaan tempat anda bekerja.

Dari penjelasan di atas sedikitnya anda sudah memahami bagaimana cara membuat dan format contoh surat lamaran kerja Magang/PKL. Namun untuk lebih jelasnya, berikut ini telah admin siapkan contohnya untuk anda agar memudahkan anda dalam membuat surat lamaran kerja tersebut.

Contoh Surat Lamaran Kerja Magang

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA
UNIVERSITAS INDONESIA
FAKULTAS EKONOMI
Jl. Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo, Beji, Kota Depok, Jawa Barat, 16424
Telp. (021) 7272646
======================================================================

Nomor      : 057684/UI-E/Magang/11/2016
Perihal     : Permohonan Magang
Lampiran : 1 Bendel

Kepada Yth:
Pimpinan HRD SETIA BAKTI
Di tempat.

Dengan Hormat,
Demi memenuhi kewajiban kurikulum perkuliahan serta untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa-mahasiswi, maka kami selaku pengelola dalam bidang pengembangan karir Universitas Indonesia mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu Pimpinan agar dapat menerima mahasiswi kami berikut ini:

Nama     : Sinta Eka Pramasty
NIM        : 002876727723
Fakultas : Ekonomi

untuk melaksanakan kerja praktek magang pada bagian yang ada dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun pelaksanaan magang rencana aka dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2016. Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Depok, 20 September 2016,


Ketua Program Study

Lampiran:
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Surat Keterangan
3. Foto copy identitas
4. Foto copy KHS Semester I-IV
5. Foto Berwarna 3×4 2 lembar

Demikianlah contoh surat lamaran Kerja Magang/PKL yang dapat saya bagikan kali ini, mudah-mudahan surat ini bisa anda jadikan sebagai referensi bagi anda yang membutuhkan contoh membuat surat lamaran pekerjaan Magang. Silahkan anda ubah dan disesuaikan kembali data diri, alamat yang terdapat di dalam surat sesuai dengan keadaan anda yang sebenarnya. Jika dirasa surat ini bermanfaat, silahkan share contoh lamaran pekerjaan PKL ini kepada teman-teman anda yang lain melalui tombol di bawah. Jika dibutuhkan juga, silahkan lihat contoh surat lamaran kerja Enumerator Kesehatan, barangkali juga akan berguna untuk anda. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog contoh surat lamaran kerja terbaru 2016 ini dan semoga permohonan teman-teman untuk magang di perusahaan yang anda tuju dapat diterima. Salam sukses dari www.suratlamaran123.com.