Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK adalah contoh lamaran pekerjaan terbaru yang akan admin bagikan pada kesempatan ini untuk anda yang ingin melamar kerja dengan Ijazah SMK yang anda miliki. Namun saya ingatkan terlebih dulu bahwa pada postingan sebelumnya saya sudah share contoh surat lamaran kerja Magang/PKL. Apabila anda membutuhkan informasi untuk menulis surat lamaran pekerjaan Magang/PKL, silahkan langsung masuk ke postingan tersebut. Namun jika anda sedang mencari referensi contoh membuat surat lamaran pekerjaan lulusan SMK jurusan Akuntansi maupun jurusan Administrasi perkantoran. Mari ikuti terus halaman ini sampai selesai, karena disini saya akan membagikankan tips cara membuat surat lamaran pekerjaan lulusan SMK tersebut berikut dengan contohnya.


Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK


Mencari lowongan pekerjaan untuk anda yang baru lulus dari sekolah menengah kejuruan (SMK), atau fresh graduation yang baru menempuh ujian akhir memang tidaklah mudah, sebab di Indonesia lowongan pekerjaan untuk lulusan SMK sangatlah sedikit, jikalau pun anda hanya sebatas untuk karyawan rendahan dan juga gajinya sangatlah kecil.

Namun anda tak usah risau sebab meskipun gajinya kecil dan berpangkat sebagai karyawan rendahan pun itu lebih baik daripada anda mengganggur, sambil lalu mungkin anda bisa melanjutkan sekolah ke Universitas dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih Tinggi, hal itu mungkin saja sebab lembaga pendidikan di Indonesia memang ada yang mengkhususkan sekolah bagi karyawan.

Secara umum membuat surat lamaran kerja lulusan SMK hampir sama dengan surat lamaran kerja lainnya, ada beberapa poin yang wajib anda lakukan agar surat lamaran kerja anda diterima dan tidak dibuang di kotak sampah, nah berikut beberapa tips dalam Membuat Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK.

1. Jangan Menggunakan Frase Negatif

Langkah pertama dalam membuat surat lamaran kerja untuk lulusan SMK ialah dengan jangan pernah untuk menggunakan frase negatif, hal ini sangatlah penting sebab frase negatif dapat membuat anda malah ditolak dari pekerjaan, saat membuat surat lamaran kerja sebaiknya hindari kata-kata “bersedia melakukan pekerjaan apapun”, sebab hal tersebut dapat membuat anda kehilangan harga diri, mungkin akan lebih baik jika anda menuliskan inovasi yang akan anda lakukan jika diterima di perusahaan tersebut.

2. Hindari Kesalahan Ejaan dan Kesalahan Tata Bahasa

Selain jangan menggunakan frase yang negatif, langkah kedua dalam membuat surat lamaran kerja untuk SMK ialah dengan memastikan bahwa CV atau surat lamaran kerja ditulis dengan format yang baik, dan jika memungkinkan hindari kesalahan eja dan kesalahan tata bahasa dalam menulis surat lamaran kerja, sebab kesalahan tersebut dapat membuat anda ditolak dari perusahaan.

3. Hindari Membuat kesalahan dalam tahun atau riwayat pendidikan

Tahukah anda bahwa Kesalahan menulis tanggal lahir atau tahun kelulusan juga umumnya dapat mempengaruhi kualitas diri anda dan bisa berakibat fatal. Sebab kesalahan tersebut merupakan kesalahan kecil, jika anda melakukannya maka kemungkinan besar anda akan melakukan kesalahan yang lebih fatal saat diterima bekerja nanti, nah sebaiknya Hindari Membuat kesalahan dalam tahun atau riwayat pendidikan saat anda membuat surat lamaran kerja.

4. Satu surat lamaran Kerja cocok untuk semua pekerjaan

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh lulusan SMK saat membuat surat lamaran ialah dengan membuat surat lamaran yang cocok untuk semua pekerjaan, anda perlu tahu bahwa di perusahaan umumnya Berbagai jenis pekerjaan memerlukan berbagai jenis keterampilan khusus. Itulah alasan mengapa saat anda melamar pekerjaan, Anda harus mengirimkan CV yang berbeda untuk jenis pekerjaan yang berbeda, sebab kebutuhannya juga berbeda. Nah oleh sebab itu saat anda membuat surat lamaran sebaiknya buatlah satu surat lamaran untuk satu jenis pekerjaan saja.

5. Jangan Terlalu menjual

Membuat surat lamaran kerja pada hakikatnya ialah menjual diri anda ke perusahaaan, namun jangan pernah berlebihan, jika Anda tidak ingin dianggap over confidence dan itu dampaknya tidak baik untuk Anda. Nah oleh sebab itu saat anda membuat surat lamaran pekerjaan untuk SMK sebaiknya jangan terlalu menjual murah diri anda.

Dari penjelasan di atas sedikitnya anda sudah memahami bagaimana cara membuat dan format contoh surat lamaran kerja lulusan SMK. Namun untuk lebih jelasnya, berikut ini telah admin siapkan contohnya untuk anda agar memudahkan anda dalam membuat surat lamaran kerja lulusan SMK.

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Jurusan Administrasi Perkantoran

Perihal     : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 5 Lembar

Kepada Yth:
Bapak/Ibu Kepala Staf Personalia PT ABC Bogor
di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                         : Nona Putri
Tempat, Tanggal Lahir : Bogor, 23 Januari 1995
Umur                         : 21 tahun
Pendidikan Terakhir    : SMK Jurusan Administrasi Perkantoran
No. Telepon               : 0853-4567-9567
Alamat Rumah           : Jln. Manggis No. 56 Bogor

Bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di PT ABC sebagai Staf Administrasi. Dan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas pendukung sebagai berikut:

1. Curriculum Vitae (CV)
2. Fotokopi Ijazah SMK
3. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
4. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
5. Pas Photo 4x6 3 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, saya sangat berharap dapat menjadi bagian dari karyawan PT ABC, atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.

Bogor, 14 November 2016

Hormat saya,


Nona Putri

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK Jurusan Akuntansi

Bandung, 14 Maret 2016

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth..
Manajer Sumber Daya Manusia
CV. Ikhsan Group
Jln. Mewangi No. 70
Bandung 

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh di Internet bahwa CV. Ikhsan Group sedang membutuhkan banyak Staf/karyawan guna mendukung perkembangan perusahaan.

Sehubungan dengan hal Tersebut, saya mengajukan diri sebagai karyawan di CV. Ikhsan Group. Khususnya di bidang Akutansi.

Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan secara singkat sebagai berikut :

Nama                     : Rahmat Hidayat
Tempat & Tgl. Lahir : Bandung, 11 Agustus 1993
Pendidikan Akhir    : SMK Jurusan Akuntansi
Alamat                   : Jln. Semangka No. 46 Bandung
No. HP                  : 0823 6745 8769
Status Perkawinan : Belum Menikah

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, maka saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Fotokopi Ijazah SMK.
3. Fotokopi Sertifikat kursus pelatihan.
4. Surat Pengalaman bekerja.
5. Pas foto terbaru ukuran 3x4 3 lembar

Demikian Surat Lamaran ini saya buat dengan sebenarnya. Saya harap bapak/Ibu bersedia memberikan kesempatan Interview kepada saya agar dapat memberitahukan potensi-potensi diri saya lainnya. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,


Rahmat Hidayat

Demikianlah contoh surat lamaran kerja lulusan SMK jurusan Akuntansi maupun jurusan Administrasi Perkantoran yang dapat saya bagikan kali ini, mudah-mudahan surat ini bisa anda jadikan sebagai referensi bagi anda yang membutuhkan contoh membuat surat lamaran pekerjaan lulusan SMK. Silahkan anda ubah dan disesuaikan kembali data diri, alamat yang terdapat di dalam surat sesuai dengan keadaan anda yang sebenarnya. Jika dirasa surat ini bermanfaat, silahkan share contoh lamaran pekerjaan lulusan SMK ini kepada teman-teman anda yang lain melalui tombol di bawah. Jika dibutuhkan juga, silahkan lihat contoh surat lamaran kerja sebagai Dosen, barangkali juga akan berguna untuk anda. Terima kasih sudah berkunjung ke Blog contoh surat lamaran kerja terbaru 2016 ini dan semoga lamaran kerja anda diterima di tempat yang anda lamar. Salam sukses dari www.suratlamaran123.com.