Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate – Ketika sudah menyelesaikan studi Sekolah Menengah atau lulus Sarjana S1 tentu membuat para fresh Graduate ingin segera melamar kerja dan memperoleh penghasilan bulanan, hal ini wajar tentunya mengingat sebagian diantara mereka sudah sangat lelah dalam menempuh pendidikan dan ingin segera bekerja, adapun cara yang mereka peroleh untuk mendapatkan pekerjaan ialah dengan menyebarkan surat lamaran kerja ke berbagai perusahaan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa membuat surat lamaran kerja untuk fresh graduate terbilang cukup mudah namun untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan bonafit tentu sangatlah sulit mengingat kebanyakan diantara para perusahaan tersebut lebih memilih untuk mencari calon kandidat kerja yang lebih berpengalaman, namun jangan khawatir sebab dengan tips dan trik Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate anda masih bisa koq mencari kerja meski belum memiliki pengalaman kerja.

1. Buat Surat Lamaran Kerja sesuai standart perusahaan yang anda lamar

Tips dan trik Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate yang pertama ialah dengan mengikuti standar perusahaan yang anda lamar, hal ini sangat penting untuk diperhatikan sebab jika anda tidak mematuhinya maka besar kemungkinan anda akan ditolak kerja, adapun contoh umum surat lamaran kerja yang sesuai dengan standart perusahaan ialah dengan melengkapi semua dokumen dan juga persyaratan pada perushaan yang anda lamar.

2. Hindari menulis Resume Surat Lamaran yang sama dengan isi CV

Kesalahan klasik yang banyak dilakukan oleh kandindata kerja fresh graduate ialah menulis surat lamaran kerja yang sama dengan isi CV, hal ini tentu sangat disayangkan mengingat surat lamaran kerja pada dasarnya sangat berbeda dengan CV,  Namun Sayangnya banyak fresh graduate yang justru terjebak menuliskan hal yang terdapat dalam CV pada surat lamaran pekerjaan. Hal ini tentu akan membuat staf HRD dan staf personalia malas membaca apalagi mempertimbangkan surat lamaran kerja dan CV yang anda buat, oleh sebab itu sebaiknya segera Hindari.


3. Buatlah CV yang sederhana tapi jelas

Tips dan trik Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate yang selanjutnya ialah dengan membuat CV yang jelas namun tetap dengan menggunakan bahasa yang simple, Berilah gambaran keterangan singkat mengenai apa yang anda lakukan dan apa keahliaan anda, selain itu juga perhatikan tanda baca pada CV yang anda buat, pasalnya kesalahan tanda baca dapat membuat resume kerja anda ditolak oleh perushaan yang anda lamar.

4. Tulis jawaban sebelum ditanyakan saat wawancara

Menulis jawaban sebelum ditanyakan saat wawancara merupakan langkah yang cerdas yang dapat membantu anda diterima kerja, sebelum ditanyakan sebaiknya anda menulisnya terlebih dahulu jika anda belum memiliki pengalaman kerja, sekali lagi buat seringkas mungkin, karena menulis panjang belum tentu membuat Anda dipanggil dan diwawancara. Selain itu juga Jelaskan semua posisi dan tugas yang pernah anda selesaikan ketika sekolah dulu, dengan cara ini maka perusahaan akan menilai anda sebagai orang yang kompeten.

5. Tonjolkan Kemampuan di Bidang Akademik

Cara membuat surat lamaran untuk fresh graduate yang terakhir ialah dengan menonjolkan skill atau kemampuan akademik anda di CV yang anda buat, hal ini sangatlah penting, sebab dengan menonjolkan skill atau kemampuan akademik anda, bisa dijadikan sebagai nilai tambah saat anda melamar pekerjaan di perusahan meskipun anda seorang yang belum memiliki pengalaman kerja atau Fresh Graduate.
Dari penjelasan di atas saya yakin anda sudah mempunyai gambaran bagaimana cara membuat surat lamaran pekerjaan sebagai lulusan baru (fresh graduate) supaya permohonan kerja anda diterima oleh pihak perusahaan tempat anda melamar. Namun supaya lebih jelasnya bagaimana bentuk format surat lamaran kerja fresh graduate, berikut ini telah saya siapkan contoh lamaran pekerjaan sebagai fresh graduate untuk bisa anda jadikan referensi.

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate

Banda Aceh, 13 Desember 2016

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada:
Bapak/Ibu Staff Personalia
PT. Mulia Jaya
Jln. T. Abdur Rauf No. 46 Banda ACeh

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan kerja yang bersumber dari harian Serambi Aceh tanggal 12 Desember 2016, bahwa PT. Mulia Jaya sedang membutuhkan karyawan baru untuk posisi Administrasi,  untuk itu saya ingin mengajukan diri mengisi posisi lowongan pekerjaan tersebut.

Berikut data diri singkat saya:

Nama                         : Mulia Irawan
Tempat, tanggal lahir : Banda Aceh, 10 Januari 1993
Jenis Kelamin            : Perempuan
Pendidikan terakhir   : D-3 Administrasi Perkantoran
Alamat                       : Jln. Tgk. Daud No. 28 Banda Aceh
Telepon                     : 0813 6574 3210
Status                       :  Single

Saya lulusan baru dari universitas Syiahkuala Banda Aceh  di bidang Administrasi Perkantoran dengan IPK 3.70. Saya sudah terbiasa bekerja dengan komputer, senang bekerja mandiri maupun tim, memperhatikan penampilan dan mengutamakan kejujuran dalam bekerja. Latar belakang pendidikan saya cukup memuaskan dan saya yakin bisa memberikan kontribusi yang baik kepada perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Foto copy Ijazah D3
2. Foto copy Transkrip Nilai
3. Foto copy KTP
4. Foto copy SKCK
5. Foto copy Sertifikat Kursus
6. Pas Foto Terbaru
7. Daftar Riwayat Hidup

Demikianlah surat permohonan ini saya ajukan dengan harapan dapat terkabul hendaknya. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Mulia Irawan

Silahkan lihat juga :

Demikianlah contoh surat lamaran kerja fresh graduate yang baik dan benar yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga contoh lamaran pekerjaan ini bisa menjadi salah satu tambahan referensi bagi anda yang sedang mencari contoh membuat surat lamaran pekerjaan Fresh Graduate. Apabila Anda merasa bahwa surat yang Admin bagikan ini bermanfaat dan layak untuk diteruskan ke teman-teman kita yang lain, maka silahkan share contoh surat lowongan kerja fresh graduate ini melalui tombol di bawah. Terima kasih atas kunjungan anda ke situs kumpulan contoh surat lamaran kerja terbaru 2016 ini, semoga sebagai lulusan baru anda bisa secepatnya bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian anda. Salam sukses dari www.suratlamaran123.com.