Contoh Surat Lamaran Kerja Wartawan

Contoh Surat Lamaran Kerja Wartawanwww.suratlamaran123.com – Secara umum mencari lowongan kerja sebagai seorang wartawan atau jurnalis tidaklah terlalu sulit, pasalny di zaman sekarang ini ada banyak sekali media yang membuka lowongan pekerjaan untuk wartawan, baik itu media cetak, media elekronik atau bahkan media di Internet, nah oleh sebab itu jika anda memiliki skill di bidang jurnalisme mungkin tidak ada salahnya jika anda melamar kerja menjadi wartawan, pada dasarnya Wartawan atau jurnalis adalah seseorang yang melakukan jurnalisme atau orang yang secara teratur menuliskan berita dan tulisannya dikirimkan atau dimuat di media massa secara teratur. Namun tentu saja berita yang dimuat haruslah objektif dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat.

Secara umum cara melamar pekerjaan menjadi seorang wartawan atau jurnalis pada dasarnya tidaklah jauh berbeda dengan surat lamaran reporter, dimana anda wajib mengirimkan surat lamaran kerja serta CV yang berfungsi sebagai surat pengantar kerja, namun ada beberapa kaidah dasar mengenai Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Wartawan, nah berikut beberapa Tips mengenai Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Wartawan yang baik dan benar.

1. Gunakan bahasa yang terkesan profesional Di surat lamaran kerja

Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Wartawan yang pertama ialah dengan menggunakan bahasa yang profesional, tidak bisa dipungkiri bahwa surat lamaran kerja yang menggunakan bahasa yang profesional ummnya lebih berpeluang besar untuk diterima untuk bekerja sebagai Wartawan, dibandingkan dengan surat lamaran yang menggunakan bahasa yang tidak resmi, hal ini dikarenakan tulisan yang terdapat pada Surat Lamaran Kerja Wartawan dapat mencerminkan gambaran kepribadian orang tersebut, nah oleh sebab itu saat anda Surat Lamaran Kerja Wartawan alangkah baiknya jika anda menggunakan bahasa yang profesional.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Reporter

2. Pastikan anda Memiliki Skill Di Bidang Komputer dan Internet

Langkah kedua dalam membuat Surat Lamaran Kerja Wartawan ialah dengan memastikan terlebih dahulu jika anda memiliki skill dan ilmu di bidang jurnalisme, hal ini sangatah penting mengingat tugas menjadi seorang wartawan atau jurnalis ialah meliput berita secara objektif dan berimbang, jika anda tidak memiliki skill di bidang jurnalis maka nantinya anda akan kesulitan untuk mengumpulkan suatu berita.

3. Tonjolkan Kemampuanmu di Luar Bidang Akademik

Point selanjutnya saat Surat Lamaran Kerja Wartawan ialah dengan menonjolkan kemampuan di luar bidang akademik. misalnya, jika anda pernah bekerja sebagai jurnalis di perusahaan media lain, maka tidak ada salahnya jika anda menyebutkannya di bagian CV, hal ini terbukti dapat membantu anda agar diterima bekerja sebagai wartawan, selain itu juga jika anda memiliki prestasi di luar bidang akademik mungkin tidak ada salahya jika anda menuliskannya juga sebagai pelengkap dokumen surat lamaran kerja.

4. Cantumkan Nomor Kontak Pribadi Yang Jelas

Point penting terakhir ketika anda Surat Lamaran Kerja Wartawan ialah jangan pernah lupa untuk mencantumkan nomor kontak anda, sebab dengan kontak tersebut nantinya akan digunakan oleh staf HRD untuk menghubungi anda saat diterima pekerjaan, adapun Untuk menghindari hal ini, sebaiknya periksa ulang nomor kontak yang Anda cantumkan sebelum mengirim surat Surat Lamaran Kerja Wartawan di berbagai perusahaan meida.

Contoh Surat Lamaran Kerja Wartawan
Contoh Surat Lamaran Kerja Wartawan

Dari penjelasan di atas saya di atas, saya yakin anda sudah mempunyai gambaran bagaimana format surat lamaran kerja wartawan supaya lamaran yang anda ajukan bisa diterima. Namun supaya lebih jelas, mari langsung kita simak contoh lamaran pekerjaan yang sudah saya sipakan untuk anda di bawah ini dengan harapan bisa sedikit membantu anda dalam menulis surat lamaran kerja sebagai wartawan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Wartawan yang Baik dan Benar

Kepada Pimpinan Redaksi
PT. Aceh Media Grafika
Di Aceh Besar

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                         : Purnadi
Jenis Kelamin            : Laki-laki
Tempat, Tanggal Lahir : Aceh Besar, 10 Februari 1994
Alamat                      : Jln. Asri Indah No. 42 Aceh Besar
No.HP                      : 0852 8963 2167

Melalui surat ini saya mengajukan permohonan lamaran kerja sebagai wartawan lapangan untuk PT Aceh Media Grafika. Sebagai bahan pertimbangan Bapak, berikut saya lampirkan beberapa berkas persyaratan:

1. Curiculum Vitae
2. Fotocopy Ijazah Terakhir
3. Fotocopy Transkrip NIlai
4. Fotocopy SKCK
5. Fotocopy KTP
6. Surat Keterangan Bebas Narkoba
7. Foto Berwarna 3x4 2 Lembar

Dengan ini saya menyatakan bersedia dan menyetujui semua ketentuan dan peraturan yang berlaku yang telah di tetapkan oleh PT Aceh Media Grafika.

Demikian surat lamaran ini saya buat. Terima kasih atas perhatian dan pertimbangan Bapak.

Aceh Besar, 30 Januari 2017

Hormat Saya,


Purnadi

Silahkan lihat juga :

Demikianlah satu contoh surat lamaran kerja wartawan yang dapat saya bagikan untuk anda di kesempatan kali ini. Saya rasa sangat mudah dalam membuat surat lamaran pekerjaan sebagai wartawan ini. Namun mesipun mudah, bagi anda yang belum berpengalaman dalam membuat surat lamaran pekerjaa wartawan, pasti akan sedikit kesulitan dalam membuatnya. Silahkan share contoh surat lamaran kerja di atas kepada teman-teman kita yang lain melalui tombol di bawah ini jika dirasa memang diperlukan. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga anda diterima sebagai wartawan di tempat anda melamar. Salam sukses dari www.suratlamaran123.com.