Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja – Setiap tahun biasanya ada banyak sekali para fresh graduation atau calon pekerja baru yang lulus dari bangku sekolah, sedikit banyak diantara mereka berusaha untuk meraih pekerjaan dan bersiapmenatap dunia kerja. Namun banyak diantara mereka mengeluh sulit dipanggil oleh perusahaan yang dilamar setelah surat lamaran kerja dikirimkan ke setiap perusahaan, hal itu lumrah adanya sebab  Biasanya hal ini terkandala dari jaringan yang dimiliki oleh pelamar kerja dari fresh graduate itu sendiri. Biasanya mereka belum memperbanyak jejaring atau sumber informasi pekerjaan, nah oleh sebab itu maka tak heran jika kebanyakan diantara mereka gagal untuk mendapatkan pekerjaan.

Selain kurangnya jaringan, salah satu hal yang menyebabkan calon fresh graduate sulit mencari pekerjaan adalah dikarenakan salah salam menulis CV atau surat lamaran kerja, sejatinya ketika membuat surat lamaran atau resume harus mempercantik curriculum vitae (CV) dengan berbagai pengalaman dan kemampuan (skill) diri, baik itu didapat dari seminar ataupun dari berbagai organisasi lain, nah jika anda ingin melamar pekerjaan dan sedang mencari informasi terbaru mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar, mungkin tidak ada salahnya jika anda menyimak uraian saya di bawah ini

1. Jangan Pernah meniru Surat Lamaran Kerja Orang lain

Tips Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar yang pertama ialah dengan jangan pernah meniru surat lamaran kerja milik orang lain. Tahukah anda bawa Meniru surat lamaran kerja milik orang lain merupakan hal yang sangat bodoh yang harus anda hindari, sebab dengan menyalin atau meniru surat lamaran kerja milik orang lain hanya akan menunjukan bahwa anda hanyalah seorang calon pekerja yang pemalas yang ingin bekerja dan meraih keuntungan, nah oleh sebab itu jangan pernah meng-copy surat lamaran kerja milik orang lain, jika anda tidak ingin surat lamaran dan resume CV anda dibuang ke tempat sampah

2. Buatlah Email Anda Terlihat profesional

Tips Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar yang selanjutnya ialah dengen memperhatikan email yang anda gunakan untuk membuat surat lamaran kerja, secara umum Mungkin memang sekilas email tidak ada hubungannya dengan surat lamaran kerja yang anda buat, namun tahukah anda bahwa nama email sangat berperan penting ketika anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, sebab bisa jadi Curriculum Vitae (CV) atau surat lamaran kerja anda sudah dilihat namun bagian Human Resource Development (HRD) memutuskan untuk menolak surat lamaran anda dikarenakan nama email anda terlihat sangat konyol atau terkesan kenak-kanakan. Nah lain kali saat anda membuat lamaran kerja dan mengirimkan surat lamaran kerja tersebut Via Email sebaiknya buatlah nama email yang valid, baku dan terlihat profesional, Jika memungkinkan buatlah nama email yang digabung dari nama lengkap anda.
3. Jangan Pernah Berbohong mengenai data

Memiliki segudang prestasi dan pengalaman kerja memang bagus, namun sebaiknya jangan pernah berbohong mengenai data yang anda tulis dalam resume lamaran kerja anda, sebab perusahan apapaun di Indonesia sangat tidak suka jika ada calon kandidat mereka yang berbohong mengenai data pribadi mereka, terlebih lagi dengan memalsukan keterangan pengalaman kerja meskipun tidak pernah bekerja sebelumnya.  Nah oleh sebab itu saat anda Membuat Surat Lamaran Kerja sebaiknya jangan pernah berbohong mengenai data pribadi anda, jika anda tidak ingin gugur saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan

4. Masukan pencapaian dan Prestasi anda

Pada dasarnya Hampir semua perusahaan tentu sangat mengingingkan memiliki karyawan yang memiliki segudang prestasi, nah hal ini lah yang membuat karyawan sangat spesial di mata perusahaan, nah oleh sebab itu jika anda memiliki pengalaman kerja atau pencapaian prestasi yang cukup membanggakan sebaiknya jangan lupa untuk menuliskannya dalam surat lamaran kerja tersebut, usahakan untuk menulisnya secara detail, sebab hal tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan nantinya akan membuat anda diterima di perusahaan yang anda lamar

5. Hindari kesalahan tata bahasa

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar yang selanjutnya adalah dengan menghindari kesalahan tata bahasa pada CV atau surat lamaran kerja anda, pasalnya Kemampuan berbahasa yang baik umumnya sangat  mencerminkan keteraturan cara berfikir dan logika seseorang. Nah oleh sebab itu saat anda membuat Surat Lamaran Kerja dan juga CV, ada baiknya Sebisa mungkin hindari kesalahan huruf apalagi tata bahasa. Sebab jika anda membuat surat lamaran yang dipenuhi dengan kesalahan eja dan tata bahasa yang tidak jelas, maka bagian Human Resource Development (HRD) akan kesulitan dalam membaca surat lamaran kerja anda dan membuat surat lamaran kerja anda ditolak oleh perusahaan.

6. jangan Pernah Meremehkan Sesi wawancara

Tips agar anda diterima di perusahaan saat anda melamar pekerjaan sebagai tenaga kerja ialah dengan jangan pernah menganggap remeh sesi wawancara, percayalah sesi wawancara di suatu lowongan kerja umumnya merupakan faktor penting yang membuat anda diterima di perusahaan tersebut, jika memungkinkan  Sebaiknya sediakan waktu khusus untuk mempelajari kisi-kisi wawancara di perusahaan yang Anda lamar, agar anda tidak gugup pada saat sesi wawancara.

7. Jangan Lupa cantumkan nomor kontak

Tidak bisa dipungkiri bahwa Sebagus apapun surat lamaran kerja yang anda buat dan sebanyak apapun prestasi serta pengalaman kerja yang terdapat pada CV anda namun jika anda tidak mencamtumkan nomor kontak pribadi anda maka hal tersebut akan sia-sisa. Sebab bagian Human Resource Development (HRD)  akan kesulitan dalam menghubungi anda jika nomor kontak anda tidak tertera di lembar lamaran kerja, nah Untuk menghindari hal ini, periksa ulang nomor kontak yang Anda cantumkan sebelum mengirim surat lamaran kerja tersebut ke Perusahaan yang anda lamar.

8. Jangan Lupa Berdoa

Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar yang terakhir adalah dengan cara Berdoa, jika semua syarat dan ketentuan lamaran kerja yang anda lamar sudah anda buat secara maksimal maka langkah selanjutnya ialah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar memudahkan anda diterima bekerja di perusahaan yang anda lamar.

Dari penjelasan di atas tentunya anda sudah mempunya gambaran masing-masing bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Namun supaya lebih jelas, mari kita simak beberapa contoh yang sudah saya siapkan di bawah ini.


Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Manajer HRD
PT. Makmur Jaya
Jln. Anggrek No. 11
Semarang

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Makmur Jaya yang saya dapatkan dari Internet tertanggal 15 Februari 2017. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung bersama perusahaan yang Bapak pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah untuk bagian Marketing dengan kode (MKT) di perusahaan PT Makmur Jaya.

Berikut ini adalah data singkat Saya :

Nama                     : Hendro, SE
Tempat / tgl. lahir     : Semarang, 13 Juli 1993
Pendidikan Terakhir : S1 Ekonomi
Alamat                    : Jln. Rahmat Sentosa No. 19 Semarang
Telepon (HP)           : 0813 6740 7210
Status                    : Lajang

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan mampu berbahasa Inggris secara fasih. Saya selalu mengutamakan kejujuran dan latar belakang pendidikan saya juga sangat memuaskan, saya juga mampu mengoperasikan komputer, terutama paket MS Office dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy Ijazah S1 Ekonomi.
3. Foto copy Transkrip Nilai.
4. Foto copy Sertifikat Pelatihan Komputer.
5. Pas Foto 3x4 Terbaru 2 Lembar.

Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, Saya ucapkan banyak terima kasih.

Semarang, 17 Februari 2017

Hormat Saya,


Hendro, SE


Medan, 18 Februari 2017

Yth. Manager HRD
PT Bank Central Asia Cabang Medan

Jln. Letjend. S. Suparman
di Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                         : Ayu Santika
Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 13 Februari 1995
Umur                          : 23 tahun
Pendidikan Terakhir     : S1 Sekretaris
No. Telepon                : 0853 5467 3245
Alamat Rumah            : Jln. Abdul Rauf No. 53 Medan

Bermaksud untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak pimpin untuk menempati posisi sebagai Sekretaris. Surat lamaran ini saya sampaikan berdasarkan informasi yang saya peroleh di website Karir BCA terkait adanya Penerimaan Karyawan Baru PT Bank Central Asia Cabang Medan. Sebagai bahan pertimbangan Bapak, berikut saya lampirkan beberapa berkas administratif:

1. Curriculum Vitae (CV)
2. Foto copy Ijazah Terakhir (legalisir)
3. Foto copy Transkrip Nilai (legalisir)
4. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
5. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
6. Foto copy Sertifikat Pelatihan Komputer
7. Foto copy Surat Keterangan Dokter
8. Pas Photo 4x6 2 lembar
9. Foto Postcard 1 lembar

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya ajukan, saya berharap dapat diikutsertakan dalam tahapan proses seleksi berikutnya. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak saya sampaikan banyak terima kasih.

Hormat Saya,


Ayu Santika


Perihal : Lamaran Pekerjaan

Bekasi, 20 Februari 2017

Kepada Yth:
Bapak Kepala Sekolah SMAN 1 Bekasi
Di Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                       : Suryati, S.Pd.
Tempat/Tanggal Lahir : Bekasi, 23 Maret 1990.
Agama                      : Islam
Pendidikan Terakhir   : S1 Pendidikan Matematika
Alamat                      : Jln. Darma Wanita No. 24 Bekasi
Nomor HP                 : 0857 6564 4532

Berdasarkan keterangan di atas, saya bermaksud melamar pekerjaan untuk menjadi Tenaga Pengajar di sekolah yang Bapak pimpin sekarang ini. Sebagai bahan pertimbangan Bapak, saya lampirkan :

1. Curriculum Vitae (CV)
2. Foto copy Ijazah S1 Pendidikan Matematika (legalisir)
3. Foto copy Transkrip Nilai (legalisir)
4. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
5. Akta VI 1 lembar
6. Pas Photo 3x4 (2 Lembar)

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya


Suryati, S.Pd


Badung, 21 Februari 2017

Kepada:
HRD Manajer Aston Kuta Hotel & Residence
Jl. Wana Segara No. 2-5, Badung

Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Harian Bisnis tertanggal 16 Februari 2017 terkait adanya lowongan pekerjaan di Aston Kuta Hotel & Residence, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                         : Surya Ningsih, S.Par
Tempat, Tanggal Lahir : Badung, 14 Mei 1993
Umur                          : 22 Tahun
Pendidikan Terakhir    : D3 Pariwisata
No. Handphone          : 0853 7856 9087
Alamat                      : Jl. Mulawarman No. 35 Badung, Bali

Bersama ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak pimpin untuk bergabung pada posisi sebagai Staff Housekeeping. Sebagai bahan pertimbangan Bapak, berikut saya lampirkan beberapa berkas penting yang saya miliki,

1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk.
3. Fotokopi Ijazah D3 Pariwisata.
4. Fotokopi Transkrip Nilai.
5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian
6. Fotokopi Surat Keterangan dari Dokter.
7. Pas Foto 4x6 2 lembar.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan harapan dapat diikutkan dalam rangkaian proses seleksi selanjutnya. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,


Surya Ningsih, S.Par.


To   : sahabatbaru@pt.com
Cc        : -
Subject : Staf Administrasi (sesuai permintaan)

Medan, 22 Februari 2017

Yth.
Manajer Personalia
PT. Sahabat Baru
di
Tempat

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi dari Internet tertanggal 20 Februari 2017, bahwa PT Sahabat Baru sedang membutuhkan tenaga kerja untuk posisi sebagai Sales Marketing, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                        : Suryono
Alamat                       : Jln. Angsa No. 49 Medan
Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 09 Juni 1993
Pendidikan                 : D3 Ekonomi Manajemen

Bermaksud mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut. Berikut ini juga saya lampirkan beberapa berkas serta data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment.

1. Curriculum Vitae (CV)
2. Ijazah Terakhir
3. Transkrip Nilai
4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian
5. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
6. Surat Keterangan Dokter
7. Pas Photo 3x4 3 lembar
8. Surat Pengalaman Kerja

Demikian permohonan ini saya ajukan, Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


(Suryono)


February 23, 2017

To:
HRD Manager
PT Setia Maju
Street Ponorogo Number 24 Sukabumi

Refers to a job that I got on the Internet dated February 21, 2017, I established your company's confidence and lead I send resumes to fill this position as a marketer has to offer in Your great company.

Name                          : Agustiar, SE.
Place and date of birth : 22 February 1994, Sukabumi
Age                             : 22 years
Gender                        : male
Phone number             : 0822 5342 1254
Address                      : Jln. Sukma Bakti No. 55 Sukabumi
Email                          : agustiar94@gmail.com
Education                   : Bachelor Degree Of Economic Management
IPK                            : 3.53
Marriage                     : not yet mating

I'm innovative, energic, very ambitious, and good leadership. I have been working in teams and organizations. I can learn something quickly. I'm sure all of it can be useful and works very well in this company, and I would appreciate it if you gave me the opportunity to discuss my qualifications in person.

For details, I encloded documen my administration, such as:

1. Curriculum Vitae (CV)
2. A photocopy of the identity card
3. Photocopy of diplomas
4. A photocopy of the transcript Value
5. A photocopy of the certificate police records (SKCK)
6. A photocopy of the certificate of healthy
7. Latest photos.

Hopefully I can have a chance to prove my ability with given and interviews. Thank you for your attention.

Respect Me,


Agustiar, SE

Terjemahan

23 Februari 2017

Kepada:
Manajer HRD
PT Setia Maju
Di Jln. Ponorogo No. 24 Sukabumi

Mengacu pada iklan lowongan pekerjaan yang saya dapatkan di Internet tertanggal 21 Februari 2017, saya keyakinan perusahaan Anda mapan dan memimpin saya mengirimkan resume ini untuk mengisi posisi sebagai Staf pemasaran yang ditawarkan di perusahaan besar Anda.

Nama                              : Agustiar, SE.
Tempat dan Tanggal Lahir : Sukabumi, 22 Februari 1994
Umur                               : 22 Tahun
Jenis Kelamin                  : Laki-laki
Nomor Telepon                : 0822 5342 1254
Alamat                            : Jln. Sukma Bakti No. 55 Sukabumi
Email                              : agustiar94@gmail.com
Pendidikan                      : S1 Ekonomi Manajemen
IPK                                : 3.53
Status Perkawinan          : Belum kawin

Saya inovatif, energic, sangat ambisius, dan kepemimpinan yang baik. Saya telah bekerja biasa di tim dan organisasi. Saya bisa belajar sesuatu dengan cepat. Saya yakin semua itu dapat berguna dan bekerja secara baik di perusahaan ini, dan saya akan menghargai jika Anda memberi saya kesempatan untuk mendiskusikan kualifikasi saya secara pribadi.

Untuk detail, saya encloded documen administrasi saya, seperti:

1. Curriculum Vitae (CV)
2. Fotokopi Kartu Identitas
3. Fotokopi Ijazah
4. Fotokopi Transkrip Nilai
5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
6. Fotokopi Surat Keterangan Sehat
7. Foto Terbaru.

Mudah-mudahan saya bisa memiliki kesempatan untuk membuktikan kemampuan saya dengan yang diberikan dan wawancara. Terima kasih atas perhatian Anda.

Hormat Saya,


Agustiar, SE


Bogor, 24 Februari 2017

Kepada
Yth. Kepala Kepegawaian PT. Indomarco Prismatama
Jln. Alternatif Sentul, Bogor

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                        : Miranda
Tempat, Tanggal Lahir : Bogor, 19 Januari 1996
Umur                         : 21 tahun
Jenis Kelamin             : Perempuan
Pendidikan                 : D3 Ilmu Komputer
No. Hp                       : 0853 6845 0981
Email                         : miranda96@gmail.com
Alamat                      : Jln. Subekti No. 88 Bogor

Bersama ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak pimpin untuk menempati posisi Kasir, sebagai bahan pertimbangan bapak, saya lampirkan beberapa berkas penting yang saya miliki.

1. Curriculum Vitae
2. Foto copy Ijazah & Transkri Nilai
3. Foto copy KTP
4. Pas Photo 3x4 2 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan dengan harapan dapat diterima di perusahaan Bapak. Atas perhatian dan pertimbangannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,


Miranda

Demikian tadi ulasan saya mengenai tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar, semoga penjelasan dan contoh surat lamaran pekerjaan yang saya bagikan ini dapat menambah pemahaman para pembaca sekalian mengenai cara membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar, dan jika diperlukan, silahkan like dan share kepada teman-teman yang lain melalui tombol di bawah. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga anda surat lamaran pekerjaan yang anda ajukan mendapatkan respon positif dari pihak perusahaan. Salam sukses dari www.suratlamaran123.com.